Kelompok 3 (Mangga)
:
1. Hilda Azkiya Mawardya ( 14513121)
2.
Lily Melinda ( 14513987 )
3.
Marchsya Rahayu Kartikasari (
15513261 )
4.
Nelda Triana Apriliasih (16513374
)
5.
Qory Yuliana ( 17513064 )
6.
Putri Alifia
( 15512752)
REVIEW JURNAL
UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA
KULIAH PSIKOLOGI
MANAGEMENT (SOFTSKILL)
Judul Jurnal : The
Relation Between Job Satisfaction and The
Employees Work Productivity
Jenis
Jurnal : Journal of Arts, Science &
Commerce
Penulis :
Nuzgep Almigo
Vol : 1
Issue : 3
No : 1
Halaman : 50-60
Tahun : Desember 2004
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pada
berbagai bidang khususnya kehidupan berorganisasi, faktor manusia merupakan
masalah utama disetiap kegiatan yang ada didalamnya. Hal ini dikarenakan adanya
garis ketersinggungan atau interaksi antar individu itu sendiri, pada
organisasi maupun pada teknologinya. Hal ini mengakibatkan kehidupan dinamik
dalam suatu organisasi akan menjadi suatu dinamika itu sendiri. Produktivitas
kerja merupakan suatu hasil kerja dari seorang karyawan. Hasil kerja karyawan
ini merupakan suatu proses bekerja dari seseorang dalam mengasilkan suatu
barang atau jasa. Proses kerja dari karyawan ini merupakan kinerja dari
karyawan.
Pada
penelitian ini yang dimaksud mengenai produktivitas kerja adalah
kinerjakaryawan atau performance yang merupakan hasil atau keluaran dari
suatu proses. Data tentang
produktivitas kerja ini berupa
performance appraisal, yaitu penilaian kerja. Hal ini dikarenakan
penilaian kerja merupakan faktor evaluasi bagi pihak perusahaan terhadap kerja
karyawan dan juga evaluasi bagi karyawan sendiri sebagai perwujudan untuk
peningkatan produktivitas kerja.Permasalahan-permasalahan yang timbul mengenai
produktivitas kerja ini merupakan suatu indikasi bahwa peranan manajemen
sebagai pengelolaan sumberdaya manusia diperlukan. Hal ini merupakan suatu cara
meningkatkan suatu produktivitas kerja karyawan. Kadang kemajuan dari suatu
organisasi tidak diimbangi oleh sumber daya yang baik pula. Hal ini
mengakibatkan tidak akuratnya antara keinginan dengan realita yang ada.
Produktivitas kerja ini dapat menurun kemungkinan adanya
persaingan yang tidak sehat.
B. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada
hubungan antara kepuasan kerja
dengan produktifitas pada karyawan.
C. Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian ini adalah untuk lebih memahami job satisfaction dan
hubungannya dengan produktifitas pada karyawan.
D.
Hipotesis
Hasil uji terhadap hipotesis pertama yang mengatakan “ada hubungan antara
kepuasan kerja dengan produktivitas pada karyawan PT. Pupuk Sriwidjaja”,
menunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,252 dengan nilai p = 0,011.
BAB II
KAJIAN
PUSTAKA
Produktivitas kerja menurut Cascio (1998) adalah
produktivitas sebagai pengukuran output berupa barang atau jasa dalam
hubungannya dengan input yang berupa karyawan, modal, materi atau bahan baku
dan peralatan. Sejalan dengan pandangan di atas, Sedarmayanti (2001)
menyebutkan produktivitas kerja menunjukkan bahwa individu merupakan
perbandingan dari efektivitas keluaran (pencapaian unjuk kerja maksimal) dengan
efisiensi salah satu masukan (tenaga kerja) yang mencangkup kuantitas, kualitas
dalam waktu tertentu. Produktivitas kerja adalah suatu ukuran dari pada hasil
kerja atau kinerja seseorang dengan proses input sebagai masukan dan output
sebagai keluarannya yang merupakan indikator daripada kinerja karyawan dalam
menentukan bagaimana usaha untuk mencapai produktivitas yang tinggi dalam suatu
organisasi. Pada penelitian ini yang dimaksud dengan produktivitas kerja adalah
performance appraisal atau penilaian kinerja yang merupakan suatu penggambaran
sistematis tentang individu atau kelompok yang berkaitan dengan kelebihan dan
kekurangan dalam suatu pekerjaan sebagai bentuk evaluasi bagi
indiviu yang berkaitan dengan pelaksanaan
organisasinya (Cascio, 1998).
Kepuasan kerja ini merupakan sikap umum individu yang
bersifat individual tentang perasaan seseorang terhadap pekerjaannya (Robbins,
1998). Sejalan dengan pandangan Robbins, Luthans (1995) mengemukakan bahwa
kepuasan kerja adalah ungkapan kepuasan karyawan tentang bagaimana pekerjaan
mereka dapat memberikan manfaat bagi organisasi, yang berarti bahwa apa yang
diperoleh dalam bekerja sudah memenuhi apa yang dianggap penting. Kepuasan
kerja itu dianggap sebagai hasil dari pengalaman karyawan dalam hubungannya
dengan nilai sendiri seperti apa yang dikehendaki dan diharapkan dari
pekerjaannya. Pandangan tersebut dapat disederhanakan bahwa kepuasan kerja
merupakan suatu sikap dari individu dan merupakan umpan balik terhadap
pekerjaannya.
Menurut Smith, Kendall dan Hulin (dalam Gibson,
Ivancevich, dan Donnelly, 2000), ada lima karakteristik penting yang
mempengaruhi kepuasan kerja, yaitu :
a. Pekerjaan, sampai
sejauhmana tugas kerja dianggap menarik dan
memberikan kesempatan untuk belajar dan menerima tanggung jawab.
b. Upah atau gaji, yaitu jumlah yang
diterima dan keadaan yang dirasakan dari upah atau gaji.
c. Penyelia atau
pengawasan kerja yaitu kemampuan penyelia untuk
membantu dan mendukung pekerjaan.
d. Kesempatan promosi yaitu keadaan
kesempatan untuk maju.
e. Rekan
kerja yaitu sejauhmana
rekan kerja bersahabat
dan berkompeten.
BAB III
METODOLOGI
Variabel
penelitian terdiri dari dua variabel. Variabel pertama adalah variabel bebas (independent
variabele), yaitu kepuasan Kerja. Variabel kedua adalah variabel tergantung
(dependent variable), yaitu: produktivitas kerja.
Subjek penelitian
adalah karyawan PT.
Pusri Palembang. Pada penelitian ini teknik sampel yang
digunakan adalah purposive random sampling. Subjek penelitian ini
adalah Karyawan Departemen Jasa-Jasa
Teknik (JJT), Perkapalan dan Pengantongan (Paltong), dan rancang bangun dan Perencanaan (RBP) PT. Pupuk
Sriwijaya Palembang. Subjek penelitian adalah karyawan Level Staff Pelaksana
(Muda, Madya, Senior). Telah menempuh pendidikan formal minimal SLTA atau yang
sederajat, dan telah masuk kedalam karyawan tetap minimal 1 tahun.
Pengumpulan data
dalam penelitian ini
menggunakan dua metode, yakni metode data atau catatan yang
telah ada, dan metode angket. Metode data digunakan untuk mengumpulkan data produktivitas
kerja karyawan.
BAB
IV
PENUTUP
Kelebihan
dan Kekurangan
Kelebihan
jurnal ini adalah kami dapat mengetahui adanya hubungan positif yang signifikan
antara kepuasan kerja dengan produktivitas pada karyawan PT. Pupuk Sriwidjaja.
Kekurangannya jurnal ini hampir tidak ada.
Kesimpulan
Menurut
kesimpulan kelompok kami, kepuasan kerja dapat dianggap sebagai faktor penentu
bagi seorang karyawan untuk meningkatkan produktivitas kerjanya. Kepuasan kerja
adalah ungkapan kepuasan karyawan tentang bagaimana pekerjaan mereka dapat
memberikan manfaat bagi organisasi, yang berarti bahwa apa yang diperoleh dalam
bekerja sudah memenuhi apa yang dianggap penting, sehingga karyawan yang
mendapatkan kerja mempunyai catatan kehadiran yang baik yang nantinya akan
berprestasi kerja lebih baik serta dapat mengahasilkan produksi yang lebih
tinggi dari pada karyawan yang tidak mempunyai kepuasan kerja.Ada hubungan
positif yang signifikan antara kepuasan kerja dengan produktivitas kerja. Hal
ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kepuasan kerja yang diterima karyawan,
semakin tinggi pula produktivitas kerjanya.
Daftar
Pustaka :
Cascio, W.F. 1995. Managing
Human Resource. International Edition. McGraw Hall Inc.
Cascio,
W.F. 1998. Applied Psychology in Personel Management. Third edition. New
Jersey : Prestice Hill, Inc.
Luthans, F. 1995. Organizational
Behavior. Edisi Ke 7. Singapore : McGraw Hill Book Co.
Sedarmayanti.
2001. Sumber Daya Manusia Dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju
Schmidt,
F.L, Hunter, J.E, Outerbridge, A.N. 1986. Impact of Job Experience an Ability
on Job Knowledge, Work Sample Performance, and Supervisory Rating of Job
Performance. Journal of Applied Psychology. 71, 432-439.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar